biruvoice.com - Menambah Wawasan, Menghadirkan Keindahan

  • Full Screen
  • Wide Screen
  • Narrow Screen
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Hot Update

Statement BIRU Voice sekitar 2 bulan yang lalu tentang pencemaran di celah Timor akibat kebocoran ladang minyak Montara, baru sekarang ditanggapi Preisden SBY. BIRU Voice mengharapkan pemerintah dapat membentuk Tim Independen yang tidak terkendala oleh birokrasi dan kepentingan politik, melainkan sungguh-sungguh dapat melakukan investigasi dan langkah-langkah yang cepat untuk membantu rakyat yang terkena akibat secara langsung.

 

Berita terkait:

Pompa Air Tanpa Motor (PATM)

Surel Cetak PDF
Penilaian Pengguna: / 84
JelekBagus 

Pompa Air Tanpa Motor (PATM)
POMPA HEMAT ENERGI & RAMAH LINGKUNGAN

Air merupakan kebutuhan fundamental bagi kehidupan. Tanpa adanya air, pelan tapi pasti kehidupan akan sirna. Sejatinya jika dibandingkan dengan BBM, kebutuhan akan air justru jauh lebih penting. Kelangkaan BBM masih banyak alternatif, bisa kita bayangkan jika suatu ketika terjadi kelangkaan air, apa kira-kira alternatifnya…? Oleh karena itu, sejak dini kita harus mampu menghemat air dengan cara memanfaatkan air secara maksimal agar dalam jangka panjang dunia tidak terjadi krisis air. Jika ekplorasi air tidak terkendali, tidak menutup kemungkinan tragedi " krisis air " benar – benar akan kita alami.

Sadar begitu vitalnya akan kebutuhan air, adalah PT. Tirta Anugrah Nusantara berhasil memodifikasi teknologi hidrolik, yang kemudian dikemas dalam bentuk Pompa Air Tanpa Motor (PATM). Dengan teknologi PATM ini air sungai, mata air dan lain-lain yang selama ini terbuang, bisa dimanfaatkan. Baik untuk kebutuhan sehari–hari (air bersih, air minum) maupun irigasi dan bahkan pengembangan tempat-tempat rekreasi, seperti danau, situ dan lain-lain.

Teknologi PATM mampu mendistribusikan air yang berasal dari mata air ke masyarakat hingga ketinggian 150 meter. Dengan PATM air sungai bisa dialirkan ke danau kering yang ketinggiannya hingga ratusan meter dari lokasi sungai. Hebatnya lagi dengan PATM kita bisa ciptakan pembangkit listrik tenaga air, dengan memasang turbin jenis Pyton.. Menariknya, PATM tidak hanya hemat energi tapi lebih dari itu PATM tidak menggunakan bahan bakar. Dan yang tidak kalah penting PATM merupakan teknologi yang ramah lingkungan.

Menurut Toni H Putra, Direktur PT. Tirta Anugrah Nusantara, PATM hasil rekayasa perusahaannya telah banyak dipasang di berbagai daerah. Di antaranya di Bone Sulawesi Selatan 15 unit yang dipasang dalam satu lokasi, di Limboto, Gorontalo 15 unit dan 40 unit di Alale. Sementara di Padang telah dipasang 35 unit yang terbagi dalam tiga lokasi yakni di Pasir Painan 15 unit, Siguntur Muda 5 unit dan di Mande Rubiah 15 unit. Selain di tempat–tempat tersebut menurutnya masih banyak daerah yang sudah dipasang PATM misalnya di Papua dan Jogjakarta, "Pokoknya demi kepentingan masyarakat dalam program Go Green serta pengurangan emisi, kami siap memasang PATM" ujarnya.


Kolam Penampungan Air dari Mata Air (Foto Waspada MK)

Melihat dari dekat PATM di Purwakarta

Untuk melihat dari dekat teknologi PATM, beberapa waktu lalu tim MBV bertandang ke lokasi proyek PATM yang ada di Purwakarta Jawa Barat. Proyek yang menurut Direktur PT. Tirta Anugrah Nusantara, senilai 900 juta itu merupakan proyek kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta / Bina Cipta Karya atas kepeduliannya terhadap masyarakat Kampung Sukalaksana, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong Purwakarta, dalam rangka penyediaan air bersih / minum
Di kampung yang tergolong sejuk ini dipasang 3 unit PATM, dan berfungsi memberikan distribusi air kepada masyarakat setempat, khususnya jika musim kemarau tiba. PATM dipasang di dekat sumber mata air di lembah kampung Sukalaksana. Dengan menggunakan PATM air dari mata air yang ditampung dalam dam (bak beton) berukuran kurang lebih 4 X 4 meter kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang berada di perbukitan desa Cipeundeuy dengan ketinggian kira-kira 110 meter dengan jarak tempuh kurang lebih 2 km.

Nanang salah satu warga kampung Sukalaksana, yang sehari–hari diberi tugas untuk merawat PATM di desa Cipeundeuy, menuturkan "Dengan adanya PATM ini warga masyarakat bersyukur, karena merasa sangat terbantu. Dengan adanya PATM ini masyarakat tidak lagi kekurangan air jika musim kemarau tiba."
Dengan adanya fasilitas 3 unit PATM, masyarakat di desa Cipeundeuy kini tidak lagi resah jika musim kemarau tiba, karena dengan keunggulan PATM, air dinaikan dari lembah ke perumahan dan masjid yang terletak lebih tinggi dari sumber air.

Pompa Air Tanpa Motor (PATM)

Lebih lanjut Direktur PT. Tirta Anugrah Nusantara yang berkantor di Perumahan Kavling DKI Jl. Bonsai Blok 62, No. 27 Meruya Utara Jakarta Barat ini menerangkan bahwa Pompa Air Tanpa Motor (PATM) merupakan suatu alat (teknologi) untuk menaikkan air dari suatu tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi dengan sistem sederhana dan efektif sesuai dengan persyaratan teknis dan operasionalnya.

Lebih lanjut Bapak 2 (dua) anak ini memaparkan, Produk PATM yang telah dipatenkan dengan sertifikasi Hak Paten No.ID.0.000153.S. a.n Ade R. Purnama ini bekerja dengan sistem pemafaatan tekanan dinamik atau gaya air yang timbul karena adanya perbedaan tinggi (HS) dan sumber air ke PATM.. Menurutnya gaya tersebut dipergunakan untuk menggerakkan katup sehingga diperoleh gaya yang lebih besar untuk mendorong air ke atas (daya celarity).

Sistim Kerja & Prinsip Kerja PATM

Secara rinci Pak Toni, begitu panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa ada tiga bagian utama jaringan PATM, meliputi:

Sumber air: dapat berupa danau, aliran sungai, kolam atau bendungan kecil dengan debit paling sedikit 20 lt / detik / unit PATM / 24 jam kerja.
Unit Pompa: dipasang antara 18 dan 24 meter dari sumber air dengan posisi di bawah minimal 2 meter dan maksimal 5 meter permukaan air serta dihubungkan dengan pipa penghubung berukuran 6" (tipe menengah)

Jaringan pipa pengeluaran dan pipa penghantar dapat dipasang sepanjang puluhan kilometer apabila ketinggian antara sumber air dan daerah sasaran diukur dengan aliran lebih dari 1000 meter (QD).

Sistem kerja PATM diawali dengan mengalirkan air dari sumber melalui pipa pemasukan. Gaya tekan air yang masuk ke dalam pompa akan mendorong ke atas, yang akan menghasilkan tekanan tinggi dalam pompa.

Keunggulan PATM

Pria dengan penampilan sederhana ini lebih lanjut mengungkapkan beberapa keunggulan Pompa Air Tanpa Motor :

Unik: karena PATM memanfaatkan kekuatan alamiah berupa tekanan atau gaya air

Hemat energi: tidak menggunakan motor penggerak dan tidak memerlukan BBM / tenaga listrik, justru sebaliknya dapat menghasilkan listrik dengan memasang turbin jenis pyeton.

Murah: berdaya tahan lama dengan biaya perawatan kecil
Hasil guna tinggi: mampu mengalirkan air terus menerus selama 24 jam pada ketinggian sampai ratusan mater dari sumber air.
Sederhana: dioperasikan secara manual tetapi bekerja secara otomatis, berdaya guna sebagai sarana perolehan air bersih dan sarana pengairan untuk pertanian.
Ramah Lingkungan: PATM tidak merusak lingkungan.

Debit air yang dihasilkan / unit PATM

Debit air yang dihasilkan per unit PATM menurut Toni tergantung ketinggian distribusi air dari sumber air, bisa dilihat dalam tabel:


Melihat kesederhanaan teknologi dan keunggulan PATM serta debit air yang dihasilkan, teknologi ini sangat tepat untuk diterapkan di daerah – daerah terpencil, khususnya daerah minus air jika memasuki musim kemarau.
Untuk dapat merealisasikan keinginan mulia itu tentu harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, pemerintah maupun pengusuha. Jika di beberapa daerah sudah terealisasi, apa susahnya di tempat–tempat lain..?
(Waspada MK)


Tekanan Air PATM Membumbung Tinggi (Foto Waspada MK)

Comments  

 
+1 #37 Alex Frans 2012-02-08 11:09
ada salah satu daerah di Bali yang sulit mendapatkan air. Masayarakat berjalan dan memakan waktu yang lama untuk memdapatkan air bersih itupun hanya melalui sumur daerah nya berbukitan dan jauh dari sumber air seperti yang disampaikan. Pertanyaan saya apakah jenis pompa ini bisa di Pakai dan berapa perkiraan harganya termasuk instalasi.
Mohon informasinya pak. Terimakasih
Quote
 
 
-3 #36 busenk 2011-12-28 17:30
Saya sangat tertarik dngn alat ini, tpi dimana sya bs mendptkan alat ini?
Quote
 
 
+2 #35 Nelson AB 2011-11-30 19:10
mohon informasi harga dan syarat2 pemesanan
Quote
 
 
-3 #34 Nelson AB 2011-11-30 19:08
mohon infornasi harga dan syarat2 pemesanan

sekia
Quote
 
 
-2 #33 Nelson 2011-11-26 14:17
tolong penawaran harga yg kesil sedang dan yg paling besar

tks

wassalam

Nelson Barus
Quote
 
 
-1 #32 Nelson 2011-11-26 14:15
tolong penawaran harga pompa yg kecil menngah dah yg terrbesar . . . .

wassalam

Nelson B
Quote
 
 
0 #31 nanang 2011-11-16 15:30
tolong dikirimi daftar harganya pak
Quote
 
 
0 #30 nanang 2011-11-16 15:29
untuk harga 1 unutnya berapa pak
Quote
 
 
+5 #29 Abd Rosyid 2011-09-09 09:51
Saya didaerah sidoarjo bagian timur atau daerah perbatasan kabupaten yang jatah air irigasinya sangat tidak ada yang setiap musim tanam harus mengeluarkan biaya besar untuk biaya BBM karena harus memompa air dg desel padahal sumber air sangat melimpa cuma letaknya agak lebih rendah untuk kami salah satu wakil dari masyarakat terus berangan-angan mencari tenaga alternatif untuk bisa membantu irigasi yang gratis demikian dari kami perlu informasi berapa biaya dan alamatnya demikian terina kasih HP 082140509758
Quote
 
 
-2 #28 Kurniadi 2011-08-03 10:42
Agak mengherankan kalau system ini bisa dipatenkan. Apakah pihak paten sudah meneliti dg seksama? setahu saya ini teknologi kuno yang telah dimanfaatkan ratusan tahun lalu di luar negeri. Dikampung sayapun alat ini sudah dipasang lebih dari 10tahun lalu. So kok bisa dipaten-kan? apanya yg dipatenkan? ada ada saja...
Quote
 
 
-2 #27 RUSTAM EFFENDI 2011-07-14 12:59
Juragan Pamp hidram, saya mau pesan satu set untuk contoh dan pembelajaran teknologi ini, berapa harganya dan jangan mahal-mahal yaa?
Quote
 
 
-1 #26 surya 2011-06-14 11:13
Saya mempunyai lahan kira2 5-7 M (agak landai) lebih tinggi dari aliran sungai yang ada . Kira2 jarak aliran sungai ke rencana kolamnya 15- 20 M . Bagaimana cara menaikkan airnya . dg catatan aliran airnya terus menerus tanpa alat bantu masin pompa.
Saya mohon bantuan dan sarannya. Terimakasih Bapak/ saudaraku sekalian.
Quote
 
 
-1 #25 dani 2011-06-01 16:04
Kami beberapa hari yang lalu berkunjung ke alamat kantor meruya utara, tepatnya di perumahan kavling DKI Jl.bonsai blok 62, No.27. Meruya Utara, JAKBAR.
setiba disana ternyata alamatnya tidak ada.
mohon diberikan alamat kantor yang sekarang.
terima kasih
Quote
 
 
-1 #24 wahyu 2011-05-01 12:19
bagaimana kalau sumber air berasal dari air bawah tanah. apa bisa menggunakan sistem PATM
Quote
 
 
-1 #23 Suyuti Rauf 2011-04-24 13:12
Pompa jenis ini sangat potensial untuk dimasyarakatkan , karena tanpa biaya operasional. sangat cocok untuk diajukan ke pemerintah untuk pengadaan bantuan pompa air untuk masyarakat, terutama untuk keperluan irigasi, air bersih, kolam ikan dan lain-lain.
berapa harga satu unit dan bagaimana cara mendapatkannya?
siapa namanya dan dimana alamatnya yang beli 5 unit di Bone, Sulse? saya sangat tertarik untuk melihat langsung beroperasi di lapangan?
Quote
 
 
-1 #22 Suyuti Rauf 2011-04-24 13:05
Saya sangat tertarik dengan pompa jenis ini dan saya sangat mendungkung pemanfaatannya di masyarakat. kalau bisa sedapat mungkin dipresentasikan dan di usulkan kepada pemerintah agar bisa dianggarkan di APBN untuk pengadaan bantuan pompa air untuk masyarakat untuk berbagai keperluan, terutama untuk pengairan dan sumber air bersih.
Berapa harga satu unit pompa ini? bagaimana cara memperolehnya. Siapa nama dan dimana alamatnya yang beli 15 unit di bone, Sulsel? karena saya tertarik sekali untuk melihatnya beroperasi di lapangan.
Quote
 
 
+3 #21 Bintang 2011-04-08 17:49
Pompa ini sudah lama ditemukan/diciptakan, HYDRAM namanya.
Quote
 
 
-1 #20 L 2011-03-14 21:30
Good!
Quote
 
 
0 #19 immanuel hutabarat 2011-03-11 22:35
boleh tahu harganya dan dimana beli barangnya
Quote
 
 
+1 #18 R. Qoid Subhi 2011-03-02 21:28
Kami ada Pesantren Bernama Pon Pes AL AQSO di desa Kedalemen kulon kecamatan puring kabupaten kebumen jawa tengah. di daerah pesisir pantai selatan pulau jawa, kami sangat tertarik sekali dengan PATM, karena kami sangat membutuhkanya untuk kebutuhan pengairan di lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar yang setiap saat kekeringan, karena kami hanya memanfaatkan air dari sumur yang sulit. dikarenakan air dari sungai mengending unsur garam hingga membunuh tranaman, kalau berkenan mohon kami minta petunjuk bagaimana kami bisa mendapatkan alat tersebut. dan bagaimana kami bisa menyelenggaraka n program pengairan tersebut. terimakasih.

hormat kami
Quote
 
 
-2 #17 Eko Pramono 2011-03-01 16:30
mohon untuk diberikan rincian detailnya pak tentang debit aliran dari sumber air, tinggi dari sumber sampai pompa, panjang pipa drive, berat katup limbah, berat katup pengantar, tekanan tabung udara, panjang pipa delivery, tinggi dari pipa sampai bak penampungan
Quote
 
 
-1 #16 Eko Pramono 2011-02-28 17:38
mohon pak untuk diberikan rincian detail mengenai pompa hidram di daerah kampung sukalaksana desa cipeundeuy kecamatan bojong purwakarta tentang debit alir pompa dari sumber air, debit minimum dan maksimum ke tangki (bak penampungan), ketinggian dari sumber air ke badan pompa, kemiringan pipa drive dari sumber air sampai ke badan pompa panjang pipa drive, panjang pipa delivery, tekanan yang dibutuhkan tabung udara, berat katup limbah yang dipakai, berat katup pengantar di tabung udara,

terima kasih ya pak..mohon bantuannya untuk data analisa tugas akhir saya tentang pompa hidram..[google]bcZ5u[/google]
Quote
 
 
-1 #15 Asmed 2010-12-22 21:48
saya dari Dompet Dhuafa Republika butuh pompa air ini untuk dipasang di daerah korban letusan gunung merapi,beberapa unit , mohon dikirimkan ke email saya penawaran harga pemasangan pompa ini. Tks

Asmed
Quote
 
 
+4 #14 Florian Lengu 2010-12-06 12:36
Di daerah kami, kebanyakan masyarakat bermukim didataran yg lebih tinggi dari sumber mata air. Kami punya banyak rencana untuk mensuplai air ke pemukiman masyarakat dengan menggunakan PATM. Yang ingin kami ketahui ialah; BERAPA PERKIRAAN BIAYA UNTUK TOTAL KEGIATAN TERSEBUT?
Quote
 
 
-3 #13 bosman manurung 2010-12-01 11:25
nama saya bosman manurung, saya seorang relawan bencana yg minggu lalu baru
kembali dr kepulauan mentawai. saya melihat teknologi PATM ini bermanfaat sekali
untuk bisa kami terapkan di sana dalam rangka program Relokasi, Rekonstruksi &
Rehabilitasi pemukiman baru untuk penduduk di mentawai. kami mohon informasi dan
bantuannya mengingat januari 2011 mendatang kami akan melaksanakan program
tersebut. skr saya sedang berada di jakarta untuk persiapan program tersebut.
terima kasih atas perhatian yg diberikan.
Quote
 
 
-2 #12 ramli 2010-11-28 20:52
mohon infonya pompa yang sudah dipasang di bone sulawesi selatan itu di daerah mana/desa dan kecamatannya? maaf mau melhihat langsung pompanya.
Quote
 
 
-4 #11 Edy 2010-09-23 10:10
Bgm cara mendapatkan alat ini brp harganya, karena masyarakat di tmpt sy sedang merencanakan mengenai air bersih
Quote
 
 
+1 #10 Redaksi Biruvoice 2010-09-21 08:07
Quoting odink:
mungkin gak ya ?.
rasanya gak mungkin deh , soalnya melawan hukum alam .
orang londo bilang hukum gravitasi .
tapi menurut aku lho , yang gaptek .

Liat aja gambarnya mas
Quote
 
 
-2 #9 odink 2010-09-20 15:00
mungkin gak ya ?.
rasanya gak mungkin deh , soalnya melawan hukum alam .
orang londo bilang hukum gravitasi .
tapi menurut aku lho , yang gaptek .
Quote
 
 
-4 #8 odink 2010-09-20 14:58
mungkin gak ya ? .
rasanya gak mungkin deh , karena melawan hukum alam . orang londo bilang hukum gravitasi .
kalau mungkin , tentu sudah selesai urusan energi alternatif .
tapi menurut aku lho , yang gaptek .
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

You are here: Berita Teknologi Pompa Air Tanpa Motor (PATM)

Copyright © 2007-2010 www.biruvoice.com. All Right Reserved. Designed by Nur Cholikul Anwar.